Pada
abad ke 17, teater Italia memiliki struktur-struktur bangunan dan
panggung-panggung arsitektural. Panggung-panggung itu dihiasi setting-setting perspektif yang dilukis.
Letak panggung dipisahkan dengan
auditorium oleh lengkung prosenium. Di Inggris dan Spanyol, tidak
terdapat pemain wanita dalam pementasan
teater mereka. Tradisi tersebut berlangsung sampai kira-kira 1587. Di abad ke
17, perusahaan- perusahaan seni peran Perancis dan Inggris mulai menambahkan wanita
ke dalam rombongan-rombongan pertunjukan mereka. Di Amerika, teater kolonial
baru mulai muncul. Mereka menggunakan sandiwara-sandiwara dan aktor-aktor
Inggris. Abad ke 18 adalah masa agung pertama teater untuk kaum bangsawan.
Pada
abad 18, teater di Perancis dimonopoli oleh pemerintah dengan comedie
francaise-nya. Secara tetap mereka mementaskan komedi dan tragedi, sedangkan
bentuk opera, drama pendek dan burlesque dipentaskan oleh rombongan teater
Italia Comedie Italienne yang biasanya pentas di pasar-pasar malam. Sampai
akhir abad 17 Perancis menjadi pusat kebudayaan Eropa. Drama Perancis yang
neoklasik menjadi model di seluruh Eropa.
Kecenderungan neoklasik menjalar ke seluruh Eropa.
Panggung teater abad
18
Selama
abad 18 Italia berusaha mempertahankan bentuk commedia dell’arte. Penulis
besarnya ialah Carlo Goldoni. Karya- karyanya berupa komedi yang kebanyakan
agak sentimental tetapi tergolong bermutu. Penulis naskah yang lain adalah
Carlo Gozzi. Ia tidak meneruskan tradisi commedia dell’arte tetapi menciptakan
sendiri komedi-komedi fantasi dengan adegan-adegan penuh improvisasi. Commedia
dell’arte sendiri mulai merosot dan tidak populer di Italia pada akhir abad 18.
Sedang dalam tragedi, penulis Italia abad itu yang menonjol hanya Vittorio
Alfieri. Teater di Jerman sudah berkembang
pada Zaman Renaissance (1500-1600) meskipun dalam bentuk yang belum sempurna.
Inilah sebabnya teater Jerman tak berbicara banyak di Eropa sampai tahun 1725.
Teater Jerman dengan model comedie francaise, menciptakan suatu organisasi teater paling baik di Eropa
pada akhir abad 18. Sejak itu gerakan teater Jerman berpaling dari ide
neoklasik kepada aliran romantik.
<<Sebelumnya - Selanjutnya>>
<<Sebelumnya - Selanjutnya>>
0 komentar "Teater Abad 18", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar